Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Syafa’atul Ulum Ngawi Dalam Bidang Pendidikan

Kyai Mudhakir
Kyai Mudhakir Kepala Sekolah PKBM dan pengelola Yayasan Syafa'atul Ulum

Terkini.id, Ngawi – Dalam upaya meningkatkan kesetaraan pendidikan dan peningkatan Sumber daya manusia di bidang pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Syafa’atul ulum didirikan. Jum’at,17 Juli 2020.

Pusat Kegiatan Masyarakat “PKBM” adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional.

Lembaga pendidikan nonformal ini berada di jalan Supriyadi km.8 , dsn Munggur Rt 01 Rw 07, Desa Mangunharjo, Kecamatan Ngawi , Kabupaten Ngawi, jawatimur dengan program pendidikan keseteraan A “SD”, Kesetaraan B “SMP”, dan Kesetaraan C “SMA IPS” dengan total jumlah 250 warga belajar untuk tahun ajaran 2020/2021.

Sejak berdiri tahun 2006 sampai dengan tahun 2019 Pusat kegiatan Masyarakat Syafa’atul Ulum sudah mempunyai alumni kurang lebih 1600 warga belajar.

Syafa’atul Ulum merupakan pondok pesantren dipimpin oleh kyai mudhakir, kepedulian tokoh masyarakat dan pemuka agama tentang pendidikan yang mendasari pendirian sekolah nonformal tersebut.

“Kesadaran Masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan tuntutan jenjang kelulusan sebagai syarat mencari pekerjaan menjadi alasan saya membuka kegiatan belajar nonformal ini” tegasnya.

Mudhakir selaku Kepala sekolah Syafa’atul Ulum sendiri dalam pelaksanaan kegiatannya dibantu oleh 10 tutor dengan keahlian dan latar belakang pendidikan bidang studi masing-masing.

Meskipun sudah memiliki gedung sendiri, namun kesibukan warga belajar yang mayoritas sudah bekerja menjadi tantangan tersendiri dalam melaksanakan kegiataannya.

Gedung PKBM dan Yayasan Pondok Pesantren Syafa’atul Ulum Ngawi

Untuk PKBM nya kita sudah mendapat perhatian dari pemerintah melalui bantuan- bantuan untuk operasionalnya, namun untuk Pondok pesantrennya bilamana ada Dermawan yang berkenan memberi bantuan kita dengan senang hati menerima”imbuhnya.

Harapan pengelola, sekolah nonformal ini dapat membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Khususnya di kecamatan Ngawi dan Kabupaten Ngawi pada umumnya

Konten Bersponsor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar